Tuesday, May 22, 2012

keinginan vs kebutuhan


Keinginan dan Kebutuhan itu beda tipis.
Apa yang harus aku putuskan sekarang? Diantara 2 pilihan yang sulit dan harus dipertangung jawabkan. Gabisa sembarang bilang ini bilang itu. Ini kuliah! Sekolah terakhir dalam hidup.

Cita-cita ku adalah menjadi seorang entrepreneur. Entah pada bidang apa. Selalu suka dengan kisah-kisah para pengusaha yang sukses dan adapula pula diantara mereka yang sukses tanpa mengenyam pendidikan. Mereka mempunyai mental yang sangat tangguh. Bagaimana bisa seorang Chairul Tanjung yang awalnya hanyalah seorang tukang foto copy lalu sekarang dia mempunyai trans tv, trans 7, trans studio, bank mega, dan aset lain yang sangat wow sekali, bahkan dari buku yang saya baca dia akan membuat pesawat trans-air yang harga tiketnya akan dijual 2x lebih mahal dari pesawat garuda. Dan Chairul Tanjung pula yang membeli 40% aset carrefour. Ini sulit dicerna tapi inilah kenyataannya. Saya sangat bingung bagaimana cara dia mendapatkan modal dari bank yang begitu besar dan yang paling saya salut adalah mentalnya yang berani meminjam modal segitu besarnya. Apa ada les mental? ._. Bener juga ya mental itu perlu dibentuk dari situasi yang menguji ketabahan. Awalnya pekerjaan kita bisa dianggap remeh oleh kebanyakan orang dan mereka beranggapan rendah kepada kita tapi itu lah proses pembentukan mental. Dan harus yakin kondisi akan berubah. Seorang Marry Riana aja yang kuliahnya di NTU singapore dia kerja sebagai sales awalnya tapi sekarang sukses. Tapi gaji orang indo itu rendah dibandingkan singapore jauuuuh beda. Perekonomian disana sangatlah maju dibandingkan di negeri ini. SDM banyaaak sangat banyak malahkan tapi belum ada yang pas untuk mengolahnya. Wakil rakyat sebutannya untuk para petinggi disana obralan mereka mendengar apa aspirasi rakyatnya tapi itu hanyalah sesaat. Bingung sama mereka yang melakukan studi banding ke luar negeri ya boleh2 aja sih tapi hasilnya mana? kok engga direalisasikan disini sih,hehehe. Sekali2 ganti dong jangan keluar negeri, bisalah didalam negeri sendiri biar aspirasi rakyatnya terdengar sangat jelas gitu.

Kembali ke topik awal.
Aku bingung pilih mana antara prasetiya mulya atau universitas pelita harapan-__-
Akuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu binguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuung.
Satu sisi pengen banget kuliah di prasetiya mulya woaah sangat kepingin. Udah cinta mati sama universitas itu sampe kebawa mimpi. Sampe nangis2 gitu sampe nyoba tes terus2an. Sampe akhirnya kegagalan bosen sama aku dan mungkin psikotesnya juga bosen meriksa kertas novi lagi novi lagi, hobby banget ikut tes prasmul. hemmm hahahahaha. Dan akhirnya keterima di jurusan marketing prasetiya mulya business school. Wah pertama kali tau terharu banget ternyata gue ga bego2 banget dan perjuangannya ga sia-sia. Tapi dibalik itu masih terbesit andai aja jurusan business-__- tapi tetep menanamkan syukur kepada Allah. Tapi tetep ye ngeyel pengennya business, tapikan business nya udah full:( sedih banget. Pengen deh berjuang buat gelombang 5 buat dapetin business tapi itu LIMITED SEAT! kebayangkan susahnya kayak apa. Dengan taruhan hasil tes sebelumnya dianggap gugur. Prasetiya Mulya tuh banyak praktek drpd teori jadi ga bosen. Dan bayangin aja semester 1 aja udah magang dan itu bedanya dengan univ lainnya. Prospek kerja lulusan ini bagus. Tes masuk sini juga bagus banget. Jadi kalo mau tes disini jangan terlalu kepengen buat masuk sini jadi itu yang membuat kita bisa tenang dalam mengerjakannya. Jangan Terlalu Pengen. Tapi berhubung saya terlalu pengen ya gini deh jadinya tegang banget waktu ngerjain tesnya dalam pikiran cuma ada saya harus bisa, saya harus bisa, saya harus lulus. Dan apa waktu gagal tes itu down nya banget-banget berasa bego banget. Dan tapi dikarenakan saya anaknya ngeyel dan ngotot dan penasaran banget kenpa sih ga lulus ujian tes masuknya padahlakan cuma gitu doanggg :/ Nah karena saya terlalu kepengen masuk jadi ngerjain tesnya tuh beban. Dan sangat tidak dibolehkan. Santai aja tapi saya gabisa karena saya terlau pengen masuk prasmul. Entah prasmul seakan punya daya magnet tersendiri dihati saya. Saya terlalu mencintainya eaaa. Denger2 disana tugasnya segambreng. Jadi bingung harus diambil atau engga? ngelepasinnya sedih kalo inget dapetinya susah payah gitu. Tapi saya belum punya gambaran apasih itu marketing? Jadi apasih marketing? Ya saya yakin apapun pelajarannya pasti berguna juga buat lingkup business. Tapi saya kepengennya diajarin cara menjadi entrepreneur dan bisnis global. Itu keren banget pasti. Tapi maunya kuliah di prasmul(ngeyel). Bingung deh sama psikolog prasmul kenapa dimasukin marketing, kan katanya kalo marketing itu anaknya kreatif, lah saya? mungkin dari tes psikotest keliatan kali yaa. Pokoknya selesai tes prasmul kepala berasa pusing banget dan banyak pula yang bilang gitu. Tesnya tuh logika gapake rumus. Cepet dalam meraih kesempatan. Udah capek2 siang hari masih disuruh ngitung angka yang banyaaak bgt dan cepet bgt katanya sih itu untuk menilai kita tipe orang yang tahan banting engga,karena tugas di prasmul ini banyak bgt.

Bagi yang mau tes prasmul: kalau gagal sekarang, coba lagi, kalau menyerah karena gagal di tes, gmn nasibnya kalau bisnisnya gagal? Semangat pmbs!

Nah satu lagi Universitas Pelita Harapan. Siapa sih yang ga kenal universitas ini? Yang katanya banyarnya pake dolar sedikit tidak lazim sih hahaha. Universitas yang dibangun oleh Pengusaha Mochtar Riady ini fasilitasnya bener2 kereeen banget deh dan kebanyakan chinese yg kuliah disini. Masuk lingkungan universitas ini berasa lagi diluar negeri gitu, arsitektur bangunannya dan suasana yang bersih. Kantin yang super mahal. Buat jadi mahasiswa disini hanya cukup membawa rapot dan membawa uang(yang paling penting $_$). Di uph saya juga ambil fakultas business. Dan keterima dan tapi gatau sistem perkuliahan disana bagaimana karena gak kenal siapa-siapa disana-.-

Jadi pilih mana? Ayo novi cepat tentukan pilihan mu dan pertanggung jawabkan pilihan mu!!!

20 comments

  1. Saya baru diterima di accounting prasmul kak, pengin tau kuliah disana gimana? Banyak tugasnya ya? Temen2nya gimana? Salam kenal ya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo salam kenal, maaf baru dibalas.. Jadi ambil accounting prasmul kah? hehe

      Delete
  2. jadinya kuliah dimana kak?
    saya ketrima business gelombang 1,tapi rada takut kok ya. katanya kuliahnya susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo salam kenal, maaf banget baru bales... jadinya kuliah di prasmul. jadi diambil businessnya kah?

      Delete
  3. Saya jg baru keterima nih d prasmul usm glmbg 2 business juga. Ga kenal siapa" disana secara sy org bandung hahah. Gimana kuliah disana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo salam kenal ya:) Wiih selamat keterima di business. Kuliah disini asik kok hehe

      Delete
  4. Kak , aku udah tes gelombang 1 business sama finance tapi ga keterima keduanya . Kalo gelombang 2 itu aku sih ganti business dan marketting hehhehe . kira2 soal gelombang 2 sama 1 sama ga ya soalnya ? makasih

    ReplyDelete
  5. Marketing gmn ka stlah dijalanin? Kreatifnya itu bnr" dipake ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener" kudu kreatif mksdnya ka

      Delete
    2. overall belajar di prasmul itu sama entah itu kamu ambil business nya atau marketing nya. Tapi emang kalau kamu ambil ke marketing itu kaya kita belajar create product itu harus punya something different nah di marketing kita di ajarin lebih detail kesitunya, karena marketing kan jantung nya perusahaan dimana produk yang kita tawarkan bakalan laku atau ga di pasaran gitu misalnya kaya belajar strategi untuk branding suatu product.
      Semoga membantu ya jawabannya :)

      Delete
  6. Kira2 yg diliat itu psikotesnya apa pelajarannya ya kak ? Soalnya mat susah semerawut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo maaf ya baru sempet bales...
      Setiap tes soalnya selalu sama kok ga ada yang berubah sama sekali. Waktu itu kan aku juga sempet nanya itu yang diliat psikotesnya atau pelajarannya, katanya itu yang lebih diliat itu psikotesnya karena itu buat menilai kamu kuat atau ga mental kamu saat kuliah di prasmul dengan tugas yang banyak katanya gitu.
      Oiya kalau yang business dan finance sih lebih khususnya yang finance kamu harus kuat banget di matematikanya.

      Ayo semangat ya untuk tes selanjutnya, Jangan mudah menyerah ya :)

      Delete
  7. Kak, mau tanya waktu tes masuk prasmul tuh.

    Waktu tes masuk, soal mat-nya susah ga kak? Apa aja sih yang mesti kita pelajari buat mat-nya? Saya takut jatuh di mat-nya nih.

    Trus buat psikotesnya, apa aja yang biasanya dikeluarin kak?

    Makasih yah.

    ReplyDelete
  8. Halo, aku anak prasmul jurusan marketing. Memang, kuliah di prasmul berat banget, terutama saat menjelang UTS dan UAS. Untuk belajar sehari-harinya tidak terlalu sulit, karena Prasmul 80% tugas kelompok, sisanya Individu. Kebayang kan serunya? Nah, karena sering praktek, dan tugas-tugasnya juga selalu bareng dan seringnya terjun langsung, kalian lebih asik tuh sampai lupa belajar pelajaran buat UTS dan UAS. Alhasil, kadang kelabakan. Prasmul soal ujiannya Essay, jadi terbayang kan bagaiamana kalau kalian belajarnya ga serius? Point dari setiap nomornya besar sekali, berbeda dengan Multiple Choice. Tapi, di Prasmul worth it banget bagi kalian yang pingin banget kuliah dengan ruang lingkup yang notabennya berjiwa bisnis dan sangat kental sekali bisnisnya. Just info, semua jurusan sama aja sebenernya, hanya ada satu pelajaran yg berbeda disetiap jurusannya. Memang sih, hanya jurusan bisnis sih yang punya event entrepreneur day, tapi jurusan lain tetep kok dapat kesempatan untuk belajar berbisnis.

    ReplyDelete
  9. Halo, aku anak prasmul jurusan marketing. Memang, kuliah di prasmul berat banget, terutama saat menjelang UTS dan UAS. Untuk belajar sehari-harinya tidak terlalu sulit, karena Prasmul 80% tugas kelompok, sisanya Individu. Kebayang kan serunya? Nah, karena sering praktek, dan tugas-tugasnya juga selalu bareng dan seringnya terjun langsung, kalian lebih asik tuh sampai lupa belajar pelajaran buat UTS dan UAS. Alhasil, kadang kelabakan. Prasmul soal ujiannya Essay, jadi terbayang kan bagaiamana kalau kalian belajarnya ga serius? Point dari setiap nomornya besar sekali, berbeda dengan Multiple Choice. Tapi, di Prasmul worth it banget bagi kalian yang pingin banget kuliah dengan ruang lingkup yang notabennya berjiwa bisnis dan sangat kental sekali bisnisnya. Just info, semua jurusan sama aja sebenernya, hanya ada satu pelajaran yg berbeda disetiap jurusannya. Memang sih, hanya jurusan bisnis sih yang punya event entrepreneur day, tapi jurusan lain tetep kok dapat kesempatan untuk belajar berbisnis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Permisi, saya masuk kategori cadangan. Pasti masuk atau gmn ya?

      Delete
  10. Kak kalo mau tanya2 bisa email kakak kemana ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo ini email ku yaa noviii_15@yahoo.com boleh tanya2 kok dengan senang hati aku jawabnya:)

      Delete
  11. Halo kak sorry agak telat tanya, tahun depan bingung parah mau masuk Prasmul ato UPH, kalo Prasmul ilmu bisnisnya kuat dan dilatih jadi pebisnis beneran, sedangkan di UPH fasilitas lebih komplit dan koneksipun pastinya lebih luas dan isinya orang gengsi semua, harga keduanya cuma beda tipis tapi jujur bingung mau masuk mana.., kalo UPH terkesannya keren dan semua orang pasti tahu apa lagi reputasinya juga kuat, sedangkan di Prasmul ilmunya ak yakin lebih memuaskan. Kira-kira lebih baik masuk mana nih??

    ReplyDelete

© N o v i t a n g g r a i n i 's blog
Maira Gall